Jumat, 27 Januari 2017

Operasi pada Bilangan Bulat

Materi tentang bilangan bulat dan operasinya sebenarnya sudah dikenalkan sejak di bangku sekolah dasar kelas IV. Akan tetapi pada kenyataannya masih banyak siswa di bangku SMP bahkan SMA yang mengalami kebingungan saat harus menyelesaikan operasi tersebut. Terutama operasi yang
melibatkan bilangan negatif dan positif bersama-sama dengan operasi yang beragam/campuran entah pangkat, perkalian, pembagian, penjumlahan maupun pengurangan.

Nah, pada artikel ini saya ingin mengingatkan kembali tentang bilangan bulat dengan operasinya. Diharapkan setelah membaca artikel ini siswa mendapatkan pencerahan terutama dalam hal menyelesaikan operasi campuran pada bilangan bulat, yang notabenenya merupakan operasi dasar yang selalu diperlukan dalam penyelesaian masalah matematika.

Pengertian bilangan bulat
Sesuai namanya, bilangan bulat tentu saja bilangan yang bulat, tidak mengandung pecahan. Sehingga dalam semesta pembicaraan bilangan bulat, tidak ada bilangan 2,5 atau 1/4 misalnya.
Bilangan bulat terdiri dari bulat negatif, nol, dan bulat positif. Jika digambarkan dengan garis bilangan dapat diperhatikan sebagai berikut:


Atau jika dituliskan dalam bentuk himpunan menjadi:

{ . . . , -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3,  . . . }

Operasi pada bilangan bulat
1. Penjumlahan dan pengurangan
    Pada penjumlahan dan pengurangan, siswa seringkali rancu dengan aturan pada perkalian/pembagian. Agar mudah, ingatlah aturan berikut untuk penjumlahan dan pengurangan:


    Sebagai contoh, perhatikan berikut ini:



2. Perkalian dan pembagian
    Untuk memudahkan mengingat, perhatikan aturan berikut pada operasi perkalian dan pembagian:


    Termasuk dalam perkalian adalah bilangan pangkat, karena 5 pangkat dua misalnya, adalah 5 x 5.

3. Operasi campuran bilangan bulat
    Operasi campuran maksudnya adalah operasi yang melibatkan perkalian, pembagian, penjumlahan atau pengurangan dalam satu soal/masalah. Pada operasi seperti itu, kita harus memperhatikan urutan tingkatan operasi bilangan, yaitu operasi mana yang tingkatannya lebih tinggi maka harus dikerjakan lebih dulu. Berikut ini tingkatan operasi dari yang tertinggi (no 1) hingga terendah (no 4) yang harus diperhatikan:


Untuk memperjelas bagaimana menyelesaikan operasi campuran, perhatikanlah contoh dalam video berikut ini.


Review
Sebagai akhir dari artikel ini, cobalah kerjakan quiz berikut untuk mengetahui apakah kalian telah memahami dan mampu menyelesaikan operasi pada bilangan bulat.



Operasi bilangan bulat » ProProfs Exam Software


Nah, setelah mengerjakan quiz di atas kalian dapat mengukur sejauh mana kalian menguasai kemampuan operasi pada bilangan bulat.
Jika masih menemui kesulitan dalam memahami atau menyelesaikan operasi bilangan bulat, atau ada masalah yang ingin disampaikan, silahkan tuliskan dalam kolom komentar artikel ini untuk kita diskusikan bersama.

Selanjutnya, untuk mengetahui lebih banyak tentang sifat-sifat operasi bilangan bulat kalian dapat melihatnya disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar